IDE BAGUS

Sedapnya Olahan Rempah Ala D’gejrot

 

Sedapnya Olahan Rempah Ala D'gejrot DETIKJOGJA2Siang tadi, di hari Minggu yang cerah dan terlalu panas saya menemani mbak sepupu (yang ada di foto) untuk membeli peralatan upacara dan sekolah. Peralatan upacara dan sekolah tersebut nantinya akan dikirim ke Gayo Lues, Aceh dan digunakan oleh murid-murid salah satu sekolah menengah pertama disana.

Berhubung sejak pagi belum nyarap alias sarapan, kita memutuskan untuk memilih sebuah menu. Jatuhlah menu D’Gejrot yang sejak lama ngehits di instagram. Kenapa milih tuh menu? karena kita lagi pingin makan yang pedes-pedes. Dengan cuaca yang menyengat sekitar jam 11 siang kita meluncur ke kawasan Klebengan. Bermodalkan ancer-ancer dari map mbah gugel akhirnya berhasil sampai di tempat. Ternyata, tempatnya lumayan “ndelik”. Gampangnya sih berada di sebelah utara GOR Klebengan.

Tempatnya sederhana telihat dari luar. Mudah dikenali dengan warna cat merahnya yang mencolok. Pelayanannya oke punya. Setelah memilih tempat duduk, kita akan diberi menu dan catatan pesanan. Harganya ramah di kantong, ya harga mahasiswalah. Saya pilih Ayam Sausjrot, nasi Kudu, Jamur Sausjrot, Es Lemontea, dan Air Es. Sedangkan mbak sepupu saya memilih Telurtempe gejrot dan Es Lemontea. Uniknya, kita bisa memilih tingkat kepedasan seperti memilih ukuran baju yaitu S (cabai kurang dari 2), M (cabai 3-5), L (cabai 6-10), dan XL (cabai lebih dari 11).

 Sedapnya Olahan Rempah Ala D'gejrot

Sambil menunggu pesanan seperti biasalah foto-foto ruang dalamnya sambil kelaperan karena aroma gorengannya sampai keluar. Akhirnya tidak lama kemudian, pesanan datang. Penampakan menu gejrotnya sebelas duabelas dengan menu geprek. Sedangkan menu sausjrot merah membara seperti saus. Ya iyalah, secara pakai saus juga.

Mulai nih icip-icip. Ternyata nasi kudu itu rasanya seperti nasi uduk tapi lebih ringan. Duh, gimana jelasinnya. Ya gitulah. Jamur Sausjrotnya enak. Tepung krispinya empuk dan gurih apalagi di colek ke sausjrotnya. Ayam sausjrotnya juga sedap dan pedesnya nampol (6 cabai). Kalau saya pribadi sih nggak bakal cukup minum segelas karena jumlah cabai rawit sekian. Nah, pas nyulik secuil menu Telurtempe Gejrot milik mbak sepupu, rasanya ada yang beda. Beda dibandingkan dengan bumbu-bumbu yang ada di menu geprekan itu. Jadi semacam ada kunir dan rempah-rempah. Enak tapi. Sedep, pedes dan huh hah pastinya. Jadi penasaran dengan menu yang lainnya karena bumbu rempahnya yang beda itu.

Jadi, buat yang mau nyoba menu “ulegan” dengan rasa yang beda, apalagi yang suka olahan masakan dengan rempah, menu di Dgejrot ini patut dicoba. Yang nggak doyan pedes juga bisa pesen minimal cabai atau malah gak pakai sama sekali. Tapi cobain lah, pasti ntar ketahuan bedanya karena selain pedas  juga rempahnya itu enak banget.

 
loading...
 
KOMENTAR ANDA

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top