IDE BAGUS

Bermain Sambil Belajar di Museum Benteng Vredeburg

 

Bagi wisatawan atau masyarakat yang tinggal di Jogja, Benteng Vredeburg tentu tidak asing di telinga. Letaknya yang berada di depan Gedung Agung Jogja atau ujung Selatan Malioboro menjadikannya mudah ditemukan. Benteng yang menjadi saksi bisu sejarah Indonesia. Setelah merdeka, Benteng yang dibangun sejak tahun 1760an oleh Frans Haak ini dijadikan sebagai museum.

Kebanyakan dari kita termasuk saya pasti udah nebak-nebak bagaimana isi dan suasana sebuah museum. Ya kasarnya museum itu suasananya membosankan, isinya itu-itu aja. Namun jangan salah, kini museum-museum dalam negeri sudah mulai berbenah dan menjadi sangat berbeda.

Contohnya adalah Museum Benteng Vredeburg ini. Tiket masuknya pun murah banget. Cuma duaribu perak saja per kepala. Setelah bayar tiket, masuk ke komplek benteng. Paling seru kalau masuk ke ruang diorama. Apa sih Diorama itu? Diorama itu sejenis miniatur 3 dimensi yang memvisualisasikan suatu adegan.

Nah,  Museum Benteng Vredeburg ini punya beberapa diorama, empat kalau nggak salah. Tenang aja, nanti ada petunjuknya. Yang bikin seru itu karena adanya layar sentuh besar di setiap diorama kecil. Jadi kalau mau tau informasi masing-masing diorama tinggal pilih dan dibaca tuh sejarahnya. tunggu dulu, belum habis nih serunya. Bila menjelajahi ruang diorama nanti bakal ketemu sama zona main. Katakanlah zona main karena di dalem sini ada beberapa layar besar yang berisi sebuah permainan. Permainannya ya beraroma perjuangan. Semua pasti suka apalagi anak-anak. Terus, yang hobi narsis bisa ke diorama 4 kalau nggak salah lagi lho ya. Soalnya banyak patung seukuran aslinya yang menggambarkan para pejuang melawan penjajah.

Jadi kalau berkunjung ke museum terutama Museum Benteng Vredeburg ini kita tidak hanya dapat ilmu tapi juga lebih seru karena bisa sambil main juga. Sebenarnya, ada ruang lain juga yang menarik dalam benteng ini. Kapan-kapan kita bahas ya.

Yuk, berkunjung ke museum.

 
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top