IDE BAGUS

Keren Banget, Arsitektur Masjid Al-Irsyad Karya Ridwan Kamil

 

Ridwan Kamil, nama ini tentu sudah tak asing lagi di telinga. Dia adalah walikota Bandung periode 2013-2018. Eits, tenang ini bukan mau membahas karir politiknya kok tapi mau membahas mengenai karyanya sebagai arsitek. Arsitek Iya, Pak Ridwan ini dulunya adalah arsitek keren lho. Hasil karyanya pun sebenernya udah nggak kehitung lagi alias banyak pake bingit.

Nah, kali ini karya yang mau dibahas adalah sebuah masjid yang menurutku keren banget. Penasaran?

Masjid yang akan kita bahas kali ini adalah arsitektur Masjid Kubus alias Masjid Al-Irsyad. Masjid ini terletak di Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Hitungannya sih masih baru karena selesai dibangun tahun 2010 dan diresmikan pada 27 Agustus 2010. Uniknya nih ya, bila umumnya kita tahu bahwa masjid itu pasti ada kubahnya tapi tidak dengan masjid ini. Bentuknya kubus dengan garis-garis di dinding masjid.

Warna dasar bangunan masjid adalah abu-abu. Pada dinding masjid terlihat celah-celah. Bila dilihat dari jauh, celah-celah tersebut membentuk lafadz Arab yang bertuliskan kalimat Tauhid. Celah juga membuat sirkulasi udara lebih baik sehingga bagian interiornya tetap adem tanpa AC. Celah tersebut bila terkena cahaya matahari juga menghasilkan efek tersendiri bagi interiornya. Selain itu, jumlah lampu di dalam masjid adalah 99 dan jumlah ini merupakan simbol dari Asmaul Husna.

ilustrasi : kemenag.go.id

 
loading...
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top