SCIENCE & TEKNOLOGI

FIlm Biografi Sang Penakluk Dunia Genghis Khan

 

Lahir di utara pusat Mongolia sekitar 1162, Genghis Khan awalnya bernama “Temujin” setelah suku Tatar menangkap ayahnya, Yesukhei. Temujin muda adalah anggota dari suku Borjigin dan keturunan Khabul Khan, yang bersatu Mongol melawan Dinasti Jin (Chin) China utara sekitar tahun 1100-an. Menurut “Sejarah Rahasia Mongol” Temujin lahir dengan gumpalan darah di tangannya, tanda di Mongol cerita rakyat bahwa ia ditakdirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Ibunya, Hoelun, mengajarinya realitas kehidupan yang suram dalam masyarakat suku Mongol yang selalu bergolak dan kebutuhan untuk membuat aliansi.

Ketika Temujin berumur 9 tahun, ayahnya membawanya untuk tinggal dengan keluarga calon istrinya, Borte. Di rumah sekembali dari perjalanan, Yesukhei ditemui anggota suku Tatar saingan, yang mengundangnya untuk jamuan makan demi perdamaian, di mana justru Yesukheidiracun oleh karena pemberontakan masa lalu melawan Tatar. Setelah mendengar kematian ayahnya, Temujin kembali ke rumah untuk mengklaim posisinya sebagai ketua klan. Namun, klan menolak mengakui kepemimpinan anak muda dan dikucilkan keluarganya dari saudara yang lebih muda. Tekanan pada keluarga besar, dan dalam sengketa rampasan dari ekspedisi berburu, Temujin bertengkar dengan dan membunuh saudara tirinya, Bekhter, menegaskan posisinya sebagai kepala keluarga.

Pada umur 16 tahun, Temujin menikah dengan Borte, yang memunculkan aliansi antara suku Konkirat dan suku Genghis Khan. Segera setelah itu, Borte diculik oleh suku Merkit saingan dan diberikan kepada seorang kepala suku sebagai istri. Temujin mampu menyelamatkannya, dan segera setelah itu, ia melahirkan anak pertamanya, Jochi. Meskipun peristiwa melahirkannya Borte jsutru oleh suku Konkirat diragukan apakah Jochi adalah anak darah Tekujin, namun Temujin tetap menerimanya sebagai anaknya. Dengan Borte, Temujin memiliki empat anak dan banyak anak-anak lain dengan istri-istri lainnya, sebagaimana orang Mongolia yang memiliki banyak istri. Namun, bagi Temujin hanya anak-anak laki-laki Temujin dengan Borte yang memenuhi syarat untuk suksesi dalam keluarga.

 

 
loading...

Pages: 1 2 3 4

 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top