INSPIRASI

Terus Berkarya, jangan Putus Asa

 

Tidak semua jalan yang kita lalui akan di jamin mulus. Bahkan dilandasi dengan niat baik kita untuk mempersembahkan yang terbaikpun, ternyata belum tentu mereka mau menerimanya. Apalagi mengapresiasinya. Bagi mereka, pokoke hasil karya dan pemikiran kita ini pastilah nggak mutu.

Saya sendiri pernah bahkan berulang kali mengalaminya. Bahkan baru beberapa waktu yang lalu juga dipaksa untuk menelan pengalaman pahit seperti itu. Apakah kita terus berhenti berkarya atau “mutung (dalam bahwa jawabnya)“. Saya jawab “tidak dan jangan pernah” patah arang hanya karena penilaian segelintir orang.

Tetaplah berkarya. Biarkan dunia yang lebih luas harus kita yakini akan lebih fair dalam menilai kualitas karya kita. Mereka adalah populasi sebenarnya yang berhak menilai kualitas karya dan pemikiran kita.

Serahkan penilaian pada khalayak yang lebih luas. Isyaallah minimal ada seorang diantara mereka yang akan fair dalam menilai karya dan hasil pemikiran kita.

Teruslah berkarya dan lupakan saja penilaian mereka. Toh, pada kenyataannya mereka juga belum tentu mampu membuat sesuatu sebagaimana yang pernah kita lakukan.

Jangan pernah berharap lagi mereka mau mengapresiasi karya kita lagi. Jikalau masih ada harapan walaupun setitik, maka kita akan selalu terbelenggu dan terbuang energi kita karena harapan tersebut.

Segera lupakan dan nggak usah terlalu ditanggapi lagi ketika mereka di kemudian hari bertanya dan ingin menggunakan hasil karya dan pemikiran kita. Pengalaman pahit kemarin-kemarin jangan pernah terulang lagi. Jika Anda menerima permintaan mereka, maka siap-siaplah Anda untuk dipaksa menelan pil pahit kesekian kalinya lagi. Jadi, jangan seperti keledai yang rela terperosok pada lubang yang sama untuk ke sekian kalinya.

Jangan kotori hati kita dengan perasaan kecewa apalagi marah. Kumpulkan energi tersebut untuk membuat karya yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Nggak usah terlalu terbelenggu dengan keinginan untuk membuktikan diri pada mereka ataupun orang-orang di sekitar mereka. Itu justru akan menyiksa batin kita, dan pada waktunya kita justru akan terjebak pada obsesi sempit yang tidak ada gunanya sama sekali. Itu sama saja dengan membuang energi yang seharusnya dapat kita gunakan untuk menghasilkan karya yang lebih baik.

Maka segera lupakan peristiwa pahit tersebut dan segera bangkitlah. Jelang hari esok dengan wajah yang cerah dan penuh semangat. Tetap semangat dan tetap istiqomah untuk berkarya bagi orang lain.

Selalu buatlah karya nyata yang dapat dinikmati oleh orang banyak. Itu adalah satu metode pembuktian diri kita yang sangat valid pada Sang Penguasa Alam bahwa kita adalah salah satu makhluk ciptaan Nya yang tidaklah tercipta untuk kesia-siaan.

Cintailah hasil maupun proses penciptaan karya Anda sendiri. Yakinlah Anda akan sangat puas jika terbukti bahwa hasil karya Anda dinilai bagus dan dapat dinikmati oleh banyak orang.

The only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work, and the only way to do great work is to love what you do. (Steve Job, sang Pendiri Apple Inc)

Bahkan Winston Churchill pernah mengatakan “Jangan pernah menyerah  walaupun harus melewati neraka, maka kita tetap harus melangkah (If you’re going through hell, keep going) demi mencapai mimpi yang kita cita-citakan”.

 
loading...
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top