Seni & Budaya

Haji Suanda Pencipta Tari Jaipong

 

Pada tahun 1976 ketika Haji Suanda berinovasi dengan menggabungkan ketrampilan khususnya dalam dunia seni pertunjukan yang beliau kuasai menjadi satu pertunjukan yang unik. Dari sinilah kemudian tercipta satu kesenian baru yang unik dan menarik bagi seluruh penonton pertunjukan namun pada waktu itu belum disebut dengan tari jaipong.

Musik pengiring dalam pertunjukan rupanya juga diambil dari berbagai macam alat musik tradisional seperti gendang, gong, alat musik ketuk, dan lain sebagainya. Adapun vokal yang menyertainya biasanya dilakukan oleh seorang wanita yang biasa disebut dengan nama “sinden”.

Salah satu seniman yang paling aktif belajar gerakan tari kreasi baru dari Haji Suanda ini adalah Gugum Gumbira. Setelah menguasainya beliau memodifikasi ulang gerakan-gerakan Jaipong agar direaksi positif oleh masyarakat Bandung.

Pada perkembangan selanjutnya, tepatnya pada akhir tahun 1979 tarian ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan baik dari segi pementasan nya, properti yang digunakan, maupun para seniman yang menguasai gerakan tarian ini.

Sumber: senitari.com

 
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top