FAKTA & PERISTIWA

Perbankan Syariah Hanya Sebatas Wacana?

 

Demam Ekonomi Syariah masuk ke semua ranah. Perbankan, bahkan pasar Saham pun mulai di rambah. Secara teoritis dan ideologis memang bagus, namun pelaksanaannya nanti dulu.

Galibnya, banyak Bank Syariah sekalipun yang notabene bukan dioperasikan oleh organisasi Muslim. Banyak juga Bank yang menggunakan label Syariah, namun kenyataannya hanyalah anak perusahaan dari Bank konvensional yang nyata-nyata mengenakan bunga.

Bahkan BMT yang konon katanya berbasis Syariah pun, namun kenyataannya banyak yang mengenakan bagi hasil yang lebih tinggi ketimbang bunga Bank-Bank konvensional, ketika kita meminjam dana.

Saya pribadi sebenarnya mendukung konsep Bank Syariah yang adil, bebas riba  dan memberdayakan umat. Perbankan Syariah jangan hanya dijadikan wacana atau bahkan hanya sekedar kedok marketing untuk menarik nasabah muslim yang sedang gandrung dengan ekonomi Syariah.

Kalau sekedar untuk menabung sih menurut saya oke-oke saja, karena di dalam tabungan kita tidak akan mengandung unsur riba. Namun ketika mau pinjam, pengenaan biaya/bagi hasilnya kenapa menjadi lebih berat ketimbang bank konvensional?

 
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top