FIKSI & DIARY

Dibalik Peristiwa Krisis Kemanusiaan Dunia

 

Uni Eropa sedang menghadapi pergolakan besar ketika Kerajaan Inggris menarik keanggotaan dan dalam proses yang mungkin membahayakan komposisi negara itu sendiri.

Bahkan, di bawah permukaan, orang di seluruh Eropa tampaknya dalam kondisi kebimbangan yang tinggi. Seperti negara-negara Eropa menangani migrasi dan berbagai ketidakpastian ekonomi, lanskap politik yang berubah, dan perasaan bahwa struktur sosial lama digantikan atau sedang menghadapi tantangan yang berat.

Hal yang sama juga terjadi di Amerika Serikat di mana perlombaan untuk menguasai Gedung Putih adalah sesuatu yang biasa. retorika politik tahun ini jauh lebih keras dan ada perasaan bahwa di Amerika mulai melanda isu rasisme dan mulai merambah ke guncangnya kemakmuran ekonomi.

Apa yang telah membawa kita semua ke situasi seperti ini? Dan apa skenario yang mungkin akan terjadi?

Salah satu filsuf paling menonjol dari waktu kita adalah Zygmunt Bauman telah meramal kejadian tersebut dan menjelaskannya. Zygmunt Baumanahir di Polandia 90 tahun yang lalu, ia telah memikirkan dan menulis tentang era modern dimana masih ada “perasaan takut yang tersamar” dimana perasaan nyata dari kecemasan sosial yang hanya memiliki kontur yang samar-samar tapi masih akut dan hadir dimana-mana.

Sumber: Al Jazeera

 
loading...
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top