FIKSI & DIARY

Akhirnya, Liver dan Ginjalpun Ikut Bermasalah

 

Pagi ini, setelah menunggu cukup lama, akhirnya bisa konsultasi dengan dr. Iri Kuswadi Sp.PD KGH untuk konsultasi ginjal saya, sebagaimana saran dari dr. Widi Widowati, Sp.S yang selama ini menjadi tempat saya berkonsultasi rutin pasca serangan stroke yang saya alami, saya agar tidak kambuh kembali.

Setelah melihat hasil uji lab darah saya terakhir, ketahuan bahwa ada kemungkinan masalah pada ginjal saya. Dugaan dari dr. Widi Widowati, Sp.S ternyata tidaklah meleset. Berdasarkan hasil diagnosa dr. Iri Kuswadi Sp.PD KGH, tidak hanya ginjal saya yang bermasalah, namun ketahuan bahwa liver saya juga terindikasi bengkak.

Makanya, saat ini saya mudah lungkrah, tersengal-sengal, kaki bengkak bahkan mukapun ikut kelihatan bengkak. Awalnya saya pikir ini hanyalah gara-gara saya kegemukan, sehingga perut menjadi buncit aneh. Umumnya kalau kelebihan berat badan khan ke samping, bukannya cenderung ke depan. Apalagi, buncitnya terasa sangat keras jika ditekan.

Apalagi, akhir-akhir ini saya terlalu semangat diet dan berolah raga, karena takut gemuknya bertambah. Mengapa saya takut kegemukan, alasannya setelah mondok di JIH karena penyumbatan pembuluh darah diotak yang membuat saya terkapar dihajar stroke, apalagi juga saat itu ketahuan jantung saya juga bermasalah, tekanan darah sekitar 190an, diabetes nyaris 390, kolesterol raportnya merah dan trigliserida pada zona merah pula.

Alhamdulillah, berdasarkan pengamatan rutin dr. Widi Widowati, Sp.S, jejak-jejak stroke saya nyaris sudah tidak kelihatan sama sekali. Alhamdulillah juga, jantung saya juga kelihatannya mulai membaik menurut diagnosa dr. Riski Amalia, Sp.JP, 2 bulan kemarin.

Gimana ini, lha wong ginjal dan livernya bermasalah kok malah maslih bilang Alhamdulillah. Lha yo jelas masih harus bersyukur dong, khan masih lumayan jantungnya mulai membaik, strokenya juga mulai tidak kelihatan jejaknya. Diabetesnya masih relatif pada kondisi normal.

Ketimbang pada masa-masa sebelumnya, nyaris semua penyakit dalam saya borong sendiri meminjam istilah dan candaan dr. Widi Widowati, Sp.S, yang rutin saya tuju untuk konsultasi kesehatan saya pasca stroke, secara berkala.

 
 

TERPOPULER

Copyright © 2017 - Analisis.id

To Top